Selasa, 25 Februari 2014

Fisika Listrik dan Magnet



1.              Contoh – contoh listrik statis

·         Dua buah benda tertentu bila saling digosok, maka kedua benda akan bermuatan listrik. Contoh :  Balon dengan kain wol}  Penggaris plastik dengan rambut}  Kaca dengan kain sutra}  Karet dengan bulu}  Ebonit dengan wol}
·         Balon bila kita gosok dengan kain wol maka elektron berpindah dari kain wol ke balon, sehingga balon menjadi bermuatan listrik negatif dan kain wol bermuatan listrik positif
·         Bila kaca kita gosok dengan kin sutra, elektron berpindah dari kaca ke kain sutra, sehingga kaca menjadi bermuatan lisrik positip dan kain sutra bermuatan listrik negatif.
·         Balon dengan kain wol, Balon bermuatan listrik negatif, kain wol bermuatan listrik positif,  Kaca dengan sutra Kaca bermuatan listrik positif, Sutra bermuatan listrik negatif.
Penjelasannya;
Suatu benda dapat diberi muatan listrik statis dengan cara menggosoknya dengan benda lain Muatan listrik merupakan bagian dari partikel- partikel yang membentuk atom suatu zat. Dimana atom-atom zat terdiri dari beberapa partikel seperti gambar dibawah ini : Inti Atom Kulit Atom Neutron Elektron Proton
Atom merupakan partikel terkecil penyusun suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut.  Atom terdiri dari partikel- partikel yang jauh lebih kecil yang disebut subatom.  Subatom yang penting} adalah proton, netron yang terdapat dalam inti atom dan elektron yang mengorbit inti dengan lintasan tertentu.
Proton memiliki sifat bermuatan listrik positip  elektron memiliki sifat bermuatan listrik negatip  neutron memiliki sifat yang netral.
Atom yang netral memiliki jumlah proton dan elektron yang sama.
Bila suatu atom mendapat tambahan elektron dari atom lain, maka atom tersebut menjadi kelebihan elektron. (Jumlah elektron > jumlah proton)
Jika suatu atom kehilangan elektron, maka atom tersebut menjadi kekurangan elektron. (Jumlah elektron < jumlah proton)
Natrium kehilangan elektron maka Natrium kekurangan elektron dan Natrium menjadi bermuatan positif Clor menerima elektron maka Clor kelebihan elektron dan Clor menjadi bermuatan negatif

·         Muatan sejenis bila didekatkan saling tolak menolak.
·          Muatan tidak sejenis bila didekatkan saling tarik menarik.
Besarnya gaya interaksi antara dua muatan listrik dipelajari oleh Charles Augustin Coulomb, yang kesimpulannya disebut dengan Hukum Coulomb, yang bunyinya sebaga berikut : “ Besarnya gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik sebanding dengan muatan masing-masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda tersebut.”
2.              Contoh- contoh gaya listrik, contoh : penggaris plastik yang digosok wool dapat menarik potongan kertas ringan.

Penjelasannya;

Jadi listrik statis merupakan kedua benda yang mempunyai gaya tarik menarik yaitu proton dan newtron,yang saling memberikan gayanya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com